Oleg :
Gede eka setiasa
07 10 11 006
LAPORAN
PRAKTEK MENGAJAR DI PASRAMAN SARASWATI
OLEH :
GEDE EKA SETIASA
0710 11 006
SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU LAMPUNG
2010
Kata Pengantar
Om Swastyastu,
Om Awighnamastu Namo sidham
Atas asung kertha waranugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, dan karunia-Nya akhirnya penyusun dapat menyelesaikan pembuatan laporan praktek mengajar dilapangan (LPMD). Laporan ini dibuat untuk memberikan informasi kepada dosen apa saja yang telah dilaksanakan selama praktek mengajar. Dan juga sekaligus laporan praktek ini sebagai tolak ukur penilaian kemampuan mahasiswa dalam praktek mengajar dilapangan.
Dalam hal ini, penyusun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan saran dalam pembuatan laporan ini. Semoga Brahman senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua “OM Tat Sat “.
Om Siddhirastu tad astu svaha
Om Santih, Santih, Santih Om
Bandar Lampung, Maret 2010
Penyusun
1.1 Latar belakang
Pendidikan mempunyai peranan sangat penting dalam kehidupan manusia,karena dengan adanya pendidikan akan terbentuk manusia yang terampil,cerdas dan berkualitas. Dalam pendidikan formal ada suatu proses yang disebut dengan proses belajar. Didalam proses belajar tentunya ada seorang guru.
Guru disini memiliki peranan yang sangat penting didalam proses belajar I yaitu sebagai Informator yaitu guru sebagai pemberi informasi. Baik itu informasi akademik ataupun informasi umum.Organisator adalah guru sebagai pengelola kegiatan akademik, silabus dan lainya sehingga dapat mencapai efektifitas dan efisiensi dalam belajar.Motivator yaitu guru sebagai pemberi motivasi kepada peserta didiknnya, untuk meningkatkan motivasi belajar siswanya.
Guru sebagai director yaitu guru sebagai pengarah, atau memberikan bimbingan ilmu etika maupun kepemimpinan kepada peserta didiknya. Inisiator yaitu guru berperan untuk memberikan ide – ide dalam proses belajar. Transmitter, guru bertindak sebagai penyebar kebijakan pendidikan dan pengetahuan. Fasilitator, guru harus memberikan fasilitas atau kemudahan dalam belajar. Mediator, guru sebagai pemberi pemecahan masalah/jalan keluar. Evaluator, guru memiliki otoritas menilai peserta didiknya dalam bidak akademik.
Uraian diatas merupakan beberapa kriteria untuk menjadi guru yang professional. Untuk menjadi guru yang baik dan professional,penulis sebagai seorang calon pendidik harus mulai menerapkan kriteria guru yang baik dan professional. Oleh karena itu dosen mata kuliah PBM (praktek keguruan) memberikan kesempatan kepada penulis untuk praktek langsung dilapangan. Dalam praktek dilapangan penulis diharuskan untuk membuat suatu laporan. Karena laporan ini sebagai tolak ukur kegiatan yang telah dilaksanakan selama praktek.
1.2 Gambaran umum daerah praktek
Pasraman saraswati adalah yayasan pendidikan agama hindu. Kegiatan belajar mengajar pasraman sarswati dilaksanakan pada hari minggu. Pasraman sarswati dibagun unutk memberikan pendidikan agama Hindu terhadap anak yang tidak mendapat pendidikan agama hindu disekolahnya. Pasraman saraswati berdiri tahun 1993. Pasraman sarswati sebelum tahun 2008 sempat beroperasi digedung parisadha provinsi lampung yang terletak di jl. Mawar no. 1 kec. Labuhan dalem Bandar lampung.
Saat ini Pasraman Saraswati terletak di jl. flamboyan kel. Labuhan dalem Bandar lampung. Gedung ini memiliki 3 lokal,lokal pertama untuk siswa SD kelas 1 dan 2. Lokal kedua untuk siswa kelas 3 – kelas 6. Dan satu local lagi untuk siswa SMP Dan SMA. Sementar waktu siswa yang berbeda kelas terpaksa digabung dikarenakan kekurangan local. Tetapi kika kapasitas murid sudah melbihi belajar dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dan sesi kedua. Siswa Pasraman Saraswati jumlahnya cukup banyak. Jumlah keseluruhan dari SD _ SMA yang aktif belajar ±mencapai 150 orang. Siswa yang jumlahnya paling sedikit adalah siswa SMA yaitu 37 orang.Kelas 1 SMA ada 25 siswa, kelas 2 ada 7 siswa dan sisanya kelas 3 ada 5 orang.
1.3 Pelaksanaan kegiatan praktek
Kegiatan praktek dilaksanakan selama 3 kali setiap hari minggu. Praktek pertama tanggal 28 februari 2010, Praktek kedua tanggal 7 maret 2010, dan Praktek ketiga yaitu untuk melakukan evaluasi tanggal 21 maret 2010. Paktek mengajar yang pertama dilakukan selama 3 jam pembelajaran yaitu 3 x 50 menit = 150 menit. Dimulai jam 09.00 WIB – jam 11.30 WIB. Pokok bahasan yang diberikan adalah “ HUKUM KARMA PHALA DAN PUNARBHAWA “.
Dengan Rancangan pelaksanaaan pembelajaran ( RPP ) adalah sebagai berikut :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : YAYASAN PASRAMAN SARSWATI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas/ Semester : XI / Ganjil
Aspek : Sraddha
Standar Kompetensi : Memahami hukum karma phala dan punarbhawa
Kompetensi Dasar : Menguraikan pengertian hukum karma phala dan punarbhawa
: Menjelaskan hubungan pengertian hukum karma phala danpunarbhawa
: Menunjukan contoh hukum karma phala dan punarbhawa
Indikator : Mampu menjelaskan pengertian hukum karma phala dan punarbhawa
: Mampu memahami hubungan hukum karma phala dan punarbhawa
: Mampu mengindentifikasi contoh hukum karma phala dan punarbhawa
: Mampu memberikan argumentasi terhadap hubungan hukum karma phala dan punarbhawa.
: Mampu merealisasikan hukum karma phala dan punarbhawa yang positif dalam kehidupan sehari – hari.
Alokasi Waktu : 6 x 50 Menit ( 2 x Pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta Didik Mampu :
- Menguraikan pengertian dan contoh – contoh hukum karma phala dan punarbhawa
- Mampu memahami hubungan hukum karma phala dan punarbhawa
- Mengindentifikasi contoh hukum karma phala dan punarbhawa
- Memberikan argumentasi terhadap hubungan hukum karma phala dan punarbhawa.
- Mampu merealisasikan hukum karma phala dan punarbhawa yang positif dalam kehidupan sehari – hari.
B. Materi Pembelajaran
Pengertian dan hakekat hukum karma phala
Menguraikan bagian – bagian hukum karma phala
Hubungan hukum karma phala dan punarbhawa
Kesaksian tentang hukum karma phala dan punarbhawa
C. Model Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Salam Panganjali " Om Swastyastu "
Apresiasi tanya jawab seputar hukum karma phala dan punarbhawa
2. Kegiatan Inti
Mencari dan Membaca Sumber Informasi tentang hukum karma phala dan punarbhawa
Merumuskan pengertian hukum karma phala dan punarbhawa
Menguraikan dan memberikan contoh – contoh hukum karma phala dan punarbhawa
Melakukan suatu adegan atau peran terhadap contoh hukum karma phala dan punarbhawa
Melakukan diskusi terhadap hubungan hukum karma phala dan punarbhawa.
3. Kegiatan Penutup
Evaluasi terhadap proses dan hasil pembelajaran
Merefleksi hasil pembelajaran dan tindak lanjut
Membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran
Memberikan saran dan nasehat
Menginformasikan kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
Doa penutup " Om Santih, Santih, Santih Om "
D. Sumber Belajar
Buku Pelajaran Agama Hindu Kelas XI Widya Upadesa
Buku Panca sraddha
Kitab suci Bhagavad Gita
F. Penilaian hasil Belajar
Teknik : Tanya jawab
: Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian
Butir Instrumen
1. Bagaimanakah hubungan hukum karma phala dan punarbhawa ?
2. Bagaimana pendapat anda cara merealisaikan hukum karma phala dan punarbhawa dengan perbuatan yang positif dalam kehidupan sehari – hari ?
Mengetahui
Ketua Yayasan Pas.Saraswati Guru Bidang Study
Dr. I GEDE SWIBAWA M.Si Gede Eka Setiasa
Nip Nim 07 10 11 006
1.4 Lembar penilaian
Lembaran penilaian tertera pada lampiran berikut :
a. Daftar nilai siswa
NO NAMA SISWA SEKOLAH NILAI
1 Gede sukra wijaya SMA 13 B. Lampung 28
2 I Made wisma M. SMA Pangudi Luhur 30
3 I Wayan Putra gunawan SMK Bhineka B. Lampung 45
4 Putu edi suprantara SMA 5 B. Lampung 45
5 Meta Selani SMA 5 B. Lampung 46
6 I Komang tri hernanto SMK N. 2 B. Lampung 46
7 I Wayan hevin sesano SMA 5 B. Lampung 48
8 I Made yuliana SMA 16 B. Lampung 48
9 Ketut setianingsih SMA 15 B. lampung 49
10 Made satria SMA 14 B. Lampung 50
11 NI komang wisesa SMA perintis 52
12 I Wayan andre wardita SMA 14 B. lampung 52
13 Kadek winariana SMA 15 B. lampung 54
14 Ni Made dhyna S. SMA N. 5 B. Lampung 55
15 Wayan kristiani SMA 15 B. Lampung 55
16 Kadek dwi S. SMA Gajah Mada 56
17 Luh dina yulia SMA 2 B. Lampung 56
18 Ni Made Imelda SMA 5 B. Lampung 56
19 Ketut wihat yani SMA N. 13 B. Lampung 58
20 Ida Ayu Kade W. SMK. Gajah Mada 58
Hasil Evaluasi praktek,21 Maret 2010
Mengetahui
Guru Pengajar
GEDE EKA SETIASA
0710 11 006
1.5 Evaluasi Praktek
Diket : Jumlah siswa ( N ) = 20 Dit: Nilai jadi = ………….?
Skor MAX = 60
: Daftar nilai sbb :
28, 30, 45, 45, 46 52, 52, 54, 55, 55
46, 48, 48, 49, 50 56, 56, 56,58,58
Jawab :
1. Mendaftar nilai dari nilai min –nilai max
= 28, 30, 45, 45, 46, 46, 48, 48, 49, 50, 52, 52, 54, 55, 55, 56, 56, 56,58,58
2. Menentukan skor maksimum dan minimum
Skor max = 58
Skor min = 28
3. Menentukan Range ( R )
R= S. Max – S. Min
= 58 - 28
= 30
4. Menentukan interval ( i )
a. Jika kelaziman i = 10 maka, i = = = 3
b. Jika kelaziman i = 20 maka, i = = = 1.5 = 2
Karena Interval harus ganjil maka, interval ( i ) = 3
TABEL FUNGSI
Interval ( i ) Frekwensi ( f ) Nilai tengah ( X )
F. X
x = X - m
f.
58 – 60 2 59 188 9 81 162
55 – 57 5 56 280 6 36 180
52 – 54 3 53 159 3 9 27
49 – 51 2 50 100 0 10 0
46 – 48 4 47 188 - 3 9 36
43 – 45 2 44 88 -6 36 72
40 – 42 0 41 0 -9 81 0
37 – 39 0 38 0 -12 144 0
34 - 36 0 35 0 -15 225 0
31 – 33 0 32 0 -18 324 0
28 – 30 2 29 58 -21 441 882
N = 20
= 991
= 1359
c. Mean ( m ) = = = 49.55 = 50
d. Simpangan baku ( sd )
= = 8.24 = 8
e. Nilai standar 10
M + 2.25. sd = 10 50 + 18 = 68 71 nilainya 10
M + 1.75 .sd = 10 50 + 14 = 64 67 nilainya 10
M + 1.25. sd = 9 50 + 10 = 60 63 nilainya 9
M + 0.75. sd = 8 50 + 6 = 56 59 nilainya 8
M + 0.25. sd = 7 50 + 2 = 52 55 nilainya 7
M - 0.25. sd = 6 50 - 2 = 48 51 nilainya 6
M ¬- 0.75. sd = 5 50 - 6 = 44 47 nilainya 5
M - 1.25. sd = 4 50 - 10 = 40 43 nilainya 4
M - 1.75. sd = 3 50 - 14 = 36 39 nilainya 3
M - 2.25. sd = 2 50 - 18 = 32 35 nilainya 2
M – 2.75.sd = 1 50 – 22 = 28 - 31 nilainya 1
f. Jadi; nilai 28-31 ada 2 orang nilainya = 1 maka nilai 8 ada 5 orang
32-35 ada - orang nilainya = 2 nilai 7 ada5 orang
36-39 ada – orang nilainya = 3 nilai 6 ada 4 orang
40-43 ada – orang nilainya = 4 nilai 5 ada 4 orang
44-47 ada 4 orang nilainya = 5 nilai 1 ada 2 orang
48-51 ada 4 orang nilainya = 6
52-55 ada 5 orang nilainya = 7
56-59 ada 5 orang nilainya = 8
60-63 ada – orang nilainya = 9
64-67 ada – orang nilainya =10
68-71 ada – orang nilainya =10
1.6 LEMBAR PENGAMATAN SISWA
1.6.1 Lembar pengamatan periode 1 /30 menit
NO NAMA SISWA Pengamatan/30 menit ON TASK ( % ) OFF TASK (%) Kategori yg diamati
1 Gede sukra wijaya a a Y Y Y 75 25 a. Berbicara tdk relevan
2 I Made wisma M. b Y Y Y Y 85 15 b. Melamun/diam saja
3 I Wayan Putra gunawan a a Y Y Y 75 25 c..Menggangu siswa lain
4 Putu edi suprantara d Y Y Y Y 85 15 d.Mncoba menarik perhatian
5 Meta Selani b Y Y d Y 75 25 Y. Kgiatan yang sesuai pmblajaran
6 I Komang tri hernanto Y a Y Y Y 85 15
7 I Wayan hevin sesano b d Y y Y 75 25
8 I Made yuliana a d Y y Y 75 25
9 Ketut setianingsih a y Y y Y 85 15
10 Made satria y y Y y Y 100 0
11 NI komang wisesa b y Y y Y 85 15
12 I Wayan andre wardita c y Y y Y 85 15
13 Kadek winariana y d Y y Y 75 25
14 Ni Made dhyna S. b y C y Y 75 25
15 Wayan kristiani y y Y y Y 100 0
16 Kadek dwi S. d y Y y Y 75 25
17 Luh dina yulia y d B y Y 75 25
18 Ni Made Imelda d y Y y Y 85 15
19 Ida Ayu Kade W. b y Y y Y 85 15
20 Ketut wihat yani c y B y y 75 25 Ket ; On TASK = 72.5 %
Off TASK = 18.5 %
TOTAL 1630 370
Rata –rata 72.5 % 18.5 %
1.6.2 LEMBAR PENGAMATAN PERIODE KE 2 /30 MENIT
NO NAMA SISWA Pengamatan/30 menit ON TASK ( % ) OFF TASK (%) Kategori yg diamati
1 Gede sukra wijaya a y Y Y Y 85 15 a. Berbicara tdk relevan
2 I Made wisma M. y Y Y Y Y 100 0 b. Melamun/diam saja
3 I Wayan Putra gunawan a y Y Y Y 85 15 c..Menggangu siswa lain
4 Putu edi suprantara d Y Y Y Y 85 15 d.Mncoba menarik perhatian
5 Meta Selani b Y Y y Y 85 15 Y. Kgiatan yang sesuai pmblajaran
6 I Komang tri hernanto Y a Y Y Y 85 15
7 I Wayan hevin sesano b d Y y Y 75 25
8 I Made yuliana Y y Y y Y 100 0
9 Ketut setianingsih y y Y y Y 100 0
10 Made satria y y Y y Y 100 0
11 NI komang wisesa b y Y y Y 85 15
12 I Wayan andre wardita c y Y y Y 85 15
13 Kadek winariana y d Y y Y 75 25
14 Ni Made dhyna S. b y Y y Y 85 15
15 Wayan kristiani y y Y y Y 100 0
16 Kadek dwi S. d y Y y Y 75 25
17 Luh dina yulia y d B y Y 75 15
18 Ni Made Imelda d y Y y Y 85 15
19 Ida Ayu Kade W. y y Y y Y 100 0
20 Ketut wihat yani c b Y y y 85 15 Ket : siswa On Task = 88 %
Siswa Off Task = 12 %
TOTAL 1760
RAT RATA 88 % 12 %
1.7 HAMBATAN DAN KENDALA
- Sarana dan prasarana yang kurang memadai. Contohnya yaitu lantai kelas semenya banyak yang pecah, sehingga menimbulkan debu yang dapat mngganggu proses pembelajaran.
1.8 KESIMPULAN DAN SARAN
Simpulan
Aktiitas belajar siswa mengalami peningkatan setelah metode pembelajaran yang digunakan menggunakan metode pengajaran yang inovatif. Pada saat praktek pertama (1) siswa On Task sebanyak 72.5 %, dan Siswa yang Off Task sebanyak 18.5 %. Setelah pertemuan ke dua ( 2 ), aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, On Task sebanyak 88 % dan off task sebanyak 12 %.
Saran
Saya sebagai mahasiswa sangat senang bisa langsung praktek mengajar dilapangan, Supaya kiranya untuk mata kuliah PBM nantinya dapat memberikan lebih bnyak tugas praktek kelapangan , agar mahasiswa dapat langsung mempraktekan ilmu yang susah didapat dikampus.
LAMPIRAN PENILAIAN GURU MITRA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
This area Coment""